Selasa, 04 Januari 2011

Keterbukaan Dalam Suatu Hubungan


Pada kesempatan ini, saya akan membagikan pentingnya keterbukaan dalam menjalin suatu hubungan. Karena seringkali dalam menjalin hubungan dengan pasangan, kita lebih mementingkan gengsi daripada perasaan kita yang sebenarnya. Akhirnya masalah yang ada tidak kunjung selesai, bahkan hanya menjadi suatu penumpukkan dalam sanubari masing-masing. Hal itu tidak baik bagi kelangsungan hubungan di masa yang akan datang.
Dalam menjalin hubungan dengan pasangan kita, sebaiknya menanggalkan rasa sungkan ataupun gengsi. Kadang rasa marah dan kesal pada pasangan membuat kita bersikap diam. Hal itu memang bisa menghukum pasangan kita secara tak langsung. Namun, itu tidak menyelesaikan masalah. Bahkan, hanya dapat memperkeruh suasana di kemudian hari karena pasangan tidak diberitahukan mengenai kebenaran atau hal yang menyebabkan kita marah kepada pasangan.  
Dengan mengkomunikasikan penyebab amarah kita ke pasangan akan menjadi pembelajaran bagi pasangan. Sehingga di masa yang akan datang, kesalahan itu tidak terulang lagi. Di lain pihak, bagi pihak yang merasa aneh dengan perilaku pasangan tapi pasangan kita tidak menjelaskan atau memberitahukan mengenai kesalahan kita, tak ada salahnya bagi kita untuk membuka percakapan dengan menanyakan penyebab perubahan tingkah laku tersebut. Karena dengan menceritakan perasaan kita terhadap pasangan, maka dia akan merasa diperhatikan sehingga mau terbuka untuk menceritakan segala sesuatu yang menyebabkan itu. Keterbukaan dalam suatu hubungan merupakan suatu kunci penting untuk menjaga hubungan tetap harmonis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar